Belajar pemrograman php

Spread the love

Hai sobat semuanya kali ini kita akan belajar PHP, bahas pemrograman begitu beragam dalam dunia ini. Bahasa pemrograman banyak di gunakan untuk membuat suatu website ataupun program komputer ada PHP,Java, phyton, ruby dan masih banyak lagi . Bahasa pemrograman sering sekali di gunakan oleh para programer untuk membangun atau mengedit sebuah program, sehingga program tersebut dapat membantu kita dalam berbagai hal.

Belajar php

Bahasa Pemrograman PHP Menurut Para Ahli

Menurut Arief pada tahun 2011, bahasa pemrograman PHP adalah Bahasa server-side –scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena PHP merupakan server-side-scripting maka sintaks dan perintah-perintah PHP akan diesksekusi diserver kemudian hasilnya akan dikirimkan ke browser dengan format HTML.

Maka dari itu kode program yang akan di tulis dalam PHP tidak akan terlihat oleh pengguna atau user sehingga keamanan halaman website akan terjamin. Selain itu PHP juga di desain untuk membuat halaman website yang dinamis, yaitu sebuah halaman wenbsite yang dapat membuat suatu tampilan berdasarkan perintah terbaru, seperti menampilkan isi basis data ke halaman website.

Menurut Nugroho pada tahun 2006, bahasa pemrograman PHP atau singkatan dari Personal Home Page merupakan sebuah bahasa skrip yang tertanam dalam HTML untuk dieksekusi bersifat server side. PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source, sehingga source code PHP dapat di sebarluaskan dan di ubah secara bebas. Jika anda ingin mendownload versi terbaru PHP anda dapat mendownloadnya di situs resminya

PHP juga mampu berjalan di berbegai web server seperti PWS (Personal Web Server), Apache, IIS (Internet Information Server) dan Xitami. Selain itu, PHP juga dapat berjaan di banyak sistem operasi yang sudah banyak beredar saat ini seperti Microsoft Windows (Semua Versi), Mac OS, Linux, dan Solaris. PHP dapat di bagun untuk modul web server Apache dan binary yang dapat berjalan sebgai CGI (Common Gateway Interface). PHP dapat mengatur cookies, mengirim HTTP header, mengatur authentication dan redirect user.

Keunggulan yang di miliki oleh bahasa pemrograman PHP yaitu mempunyai kemampuan untuk melakukan koneksi ke berbagai macam software sistem management berbasis data atau DBMS (Batabase Management System) sehingga dapat membuat suatu halaman website dinamis. Selain itu, PHP juga memiliki konektivitas yang baik dengan beberapa DBMS tertentu seperti MySQL, Oracle, mSQL, Sybase, Microsoft SQL Server, Adabas, Solid, PostgreSQL, Unix dbm, Velocis, FilePro, dBase, dan juga semua database yang ber-interface ODBC.

Menurut Betha Sidik
Dalam bukunya yang berjudul Pemrograman Web Dengan PHP (2012 : 4), menyebutkan bahwa : ”PHP merupakan secara umum dikenal dengan sebagai bahasa pemrograman script – script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML, dikenal juga sebagai bahasa pemrograman server side”.

Menurut Sibero (2011d:49)
“PHP adalah pemrograman interpreter yaitu proses penerjemahan baris kode sumber menjadi kode mesin yang dimengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan”. Php disebut juga pemrograman Server Side Programming, hal ini dikarenakan seluruh prosesnya dijalankan pada server. PHP adalah suatu bahasa dengan hak cipta terbuka atau yang juga dikenal dengan open source yaitu pengguna data mengembangkan kode-kode fungsi sesuai kebutuhannya.